Tutorial Pembersihan Caliper Motor

Caliper Motor Via: Biarlaku.com

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai beberapa tips dalam perawatan Cakram. Nah pada artikel kali ini, masih dengan tema dan pembahasan yang akan, akan menjababarkan beberapa tahapan dan panduan untuk melakukan pembersihan sistem Kaliper pada motor dengan sistem pengerekam Cakram.

Faktor-faktor yang mempercepat kotornya cakram dan kaliper adalah intensistas penggunaan motor, faktor cuaca (sering hujan dan melewati jalan yang banjir), hal itu bisa mempercepat kotoran masuk ke sistem pengereman, kampas rem menjadi kotor, dan mampetnya sistem disc brake.

 

Penyikatan Cakram dan Lubang

Pembesihan pertama yang bisa dilakukan pada Kaliper adalah pembersihan cakram dan Lubang-lubangnya. Sediakan sikat kawat, air, selang, dan cairan pencuci piring jika diperlukan. Kemudian sikat cakram Perlahan-lahan ke semua bagian mulai dari permukaan sisi cakram yang melingkar, kemudian permukaan cakram dan dilanjutkan dengan Lubang Kisi-kisi cakram.

 

Kuras Minyak Rem

kuras minyak rem pada kaliper, buka baut  nipple membuka pembuangan angin, pastikan agar minyak rem jangan sampai tumpah dan mengenai cat Kemudian lanjutkan dengan membuka baut  selang dari master dengan kunci 12.

 

Lepas Kampas Rem

Lepas baut kampas rem di kaliper  dengan  kunci L 5, setelah baut terlepas, kampas rem bisa dikeluarkan dengan menarik kampas rem dari luar.

 

Keluarkan Piston

Piston yang berada di Kaliper perlu dikeluarkan dengan bantuan compressor yang ditembakkan melalui lubang di caliler pada tempat selang minyak rem master dipasang  tadi. Pergunakan alas pada bagian tempat keluarnya piston, untuk menahan piston yang keluar dengan keras.

 

Pembersihan Kaliper, parts, dan Kampas Rem

Setelah membongkar seluruh bagian kaliper, susun dan bersihkan seluruh part kaliper dan kampas rem terutama piston dengan alkohol atau cairan pembersih yang ada. Pembersihan dilakukan dengan Hati-hati agar tidak merusak part yang ada terutama seal karena ini merupakan part yang mudah rusak.

Setelah melalui pembersihan part kaliper dan kampas rem,  jangan lupa juga melalukan pembersihan pada rumah Kalipernya sendiri, biasanya kotoran berupa kerak menempel di bagian dalam kaliper tepatnya di area sekitar piston bekerja. Bersihkan dengan Hati-hati hingga kerak hilang.

Jangan lupa untuk mengecek seal piston yang berada didalam kaliper, setelah dipastikan bersih, lakukan pengeringan dengan kompressor kemudian tunggu hingga Benar-benar bersih.

 

Penggantian Seal Piston dan Kampas Rem

Untuk seal yang dirasa sudah tidak layak pakai yaitu ditandai dengan melarnya atau sudah tidak regas lagi, sebaiknya diganti dengan yang baru agar tidak mengakibatkan permasalahan dikemudian hari . Karena seal yang sudah melar, jika dibiarkan maka kemampuan seal untuk meredam oli dan debu atau kotoran menjadi berkurang, mengakibatkan oli dan atau debu bisa masuk ke blok piston calipef, menyebabkan korosi pada area piston yang lambat laun mengurangi kemampuan tembak piston itu sendiri.

Untuk kampas rem, perhatikan tanda akan waktu kelayakan  penggantiannya, yaitu ditandai dengan tipisnya kampas rem, dimana permukaan serat karbon sudah hampir hampir, usahakan penggantian kampas rem tidak menunggu hingga karbon hampir hampir atau terlihat plat besi kampas remnya sendiri. Jika telat penggantian, dikhawatirkan plat kampas akan bergesekan dengan cakram mengakibatkan baretan fisik pada cakram yang diakibatkan gesekan langsung dengan plat besi kampas rem.

Pembelian kedua komponen tersebut mudah, di tiap bengkel kecil pasti ada yang menjual spare part tersebut.

 

Pemasangan Kembali Kaliper dan Kampas Rem

Prosedur pemasangan sama seperti pembongkaran,hanya urutan nya berbalik. Pada saat pemasangan, lakukan dengan Hati-hati dan pastikan setiap part dipasang dengan tepat, terutama seal piston. Setelah semua terpasang dengan baik jangan lupa untuk menguji coba sistem pengerekam kaliper apakah bekerja dengan normal atau tidak.

 

Teks : Mareta Putri / Maudijual.com

Leave a Reply