Tips Renovasi Interior menjadi SOHO

Interior menjadi SOHO Via: Biarlaku.com

Bekerja di kantor memang sudah merupakan sebuah rutinitas yang memang menjadi kebiasaan untuk dilakukan, dan biasanya layout ruangan di kantor bentuknya teratur dan tidak berubah untuk waktu yang lama. Lingkungan di kantor merupakan hal yang umum dilakukan. Sedangkan bekerja dirumah merupakan pilihan yang bisa dilakukan, dengan beberapa ubahan layout dan perubahan wardrobe yang ada, Kita bisa membuat sendiri suasana kantor dirumah dengan desaib minimalis. Selain akan berfungsi sebagai tempat Kita tinggal, bisa difungsikan sebagai tempat untuk bekerja. Selain itu, Kita bebas berkreasi menentukan ruangan kerja Kita sendiri, disinilah keuntungan mengubah interior Kita menjadi sebuah Small Office Home Office (SOHO). Memabg butuh sedikut lebih lama untuk membuat konsep tersebut.

Kehadiran SOHO sendiri merupakan konsep yang menggabungkan tempat tinggal dengan tempat untuk bekerja atau melakukan hal yang bersifat produktif. Penerepan SOHO ini bisa dilakukan dengan memanggil desaigner interior yang memahami tentang konsep SOHO, adapun untuk membuat konsep yang bernuanss minimalis, silahkan disimak artikel ibi sampai habis.

Gaya hidup dan kebutuhan setiap orang berbeda, maka desain SOHO yang akan dibuat pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kebiasaan dan jenis pekerjaan rutin yang ingin dilakukan bisa menjadi pertimbangan pemilihan desain interior SOHO seperti apa yang ingin dilakukan. Desain interior SOHO akan lebih baik jika mempertimbangkan lokasi teknis bekerja di ruang Interior SOHO yang akan dibuat, pertimbangkan di penempatan area kerja di ruangan Interior SOHO yang akan dibuat, usahakan ditempatkan di area yang sekiranya agak berjauhan dari suara yang mengganggu, atau cari area yang tidak terganggu dengan kebisingan suara dari luar ruangan.

 

Furniture

PC dan atau Notebook dengan meja kerja, printer Laserjet, dan mesin fotokopi, papertray, desk organizer, dan rak kabinet merupakan daftar furnite yang wajib digunakan untuk menjalankan operasional bekerja dari rumah. Adapun kursi atau sofa dan properti penunjang seperti lampu belajar, dan kanvas untuk bekerja merupakan penunjang. Beri kemudahan untuk akses ke area ruang tamu, kamar mandi, dan kalau perlu pintu akses langsung ke luar rumah.

 

Kebutuhan Koneksi Internet

Koneksi Broadband merupakan hal yang penting dalam membangun E-Coomerce yang baik, untuk itu pastikan bahwa broadband yang akan digunakan untuk memiliki kecepatan dan kapasitas yang memadai untuk berbagai kebutuhan User kedepan. Penggunaan Wireless Router tambahan yang dipasang di Interior SOHO bisa menjadi pilihan yang efektif, Wireless Router ini dikoneksikan langsung ke modem ADSL atau modem yang memiliki koneksi langsung ke Internet. Dengan penggunaan Wireless Router ini selain bisa mengextend sinyal WIFI yang didapat dari ADSL, juga bisa lebih mengoptimalkan traffic jaringan Wireless di SOHO karena konfigurasi WIFI yang di-split ini. Penggunaan Pesawat telepon khusus untuk SOHO juga bisa menjadi pertimbangan. Lakukan call-forwarding dan pesan suara untuk situasi tertentu jika dibutuhkan.

 

Menggunakan UPS

Penggunaan UPS merupakan hal yang penting sebagai sarana pengaman dari adanya kejadian yang tidak diinginkan, terputusnya atau terganggunya daya listrik untuk sementara tentu mengganggu produktivitas kerja, Printer, Mesin Fotokopi, dan PC Desktop membutuhkan pasokan listrik, dan UPS menjadi pilihan Backup Daya yang tepat. Kita tidak perlu khawatir saat Tiba-tiba terjadi down-nya daya listrik, semua equipment tersebut masih tetap bisa beroperasial untuk waktu tertentu, Kita pun punya kesempatan  untuk melakukan penyimpanan data atau mengirim E-Mail ke Client.

 

Disiplin Waktu dan Produktif

Meskipun bekerja di tempat tinggal sendiri, bukan berarti tidak menerapkan disiplin waktu dan sisi produktivitas yang ada. Justru disini menuntut Kita agar lebih mampu mengatur manajemen waktu dengan baik, dan meningkatkan produktivitas Kita. Pastikan untuk mengatur Komputer yang akan digunakan untuk bekerja, terhadap Software yang memang diperlukan di sistem kebutuhan yang akan diatur untuk bekerja.

Teks : Mareta Putri / Maudijual.com

Leave a Reply