Tips Pencahayaan Ruangan Interior

Old chair with lighting via: graphicstock.com

Pencahayaan merupakan hal yang penting dalam hal desain interior, bukan hanya karena pencahayaan mampu menambah estetika ruangan, tapi juga mampu membangkitkan mood dan pikiran. Pemilihan pencahayaan yang tepat menjadi hal yang penting agar bisa menciptakan suasana ruangan yang tepat sesuai dengan fungsi ruangan itu sendiri. Ruangan bernuansa produktif tentu saja tidak akan cocok bila menggunakan pencahayaan yang bernuansa hangat atau Remang-remang, dan begitupun sebaliknya, ruangan bernuansa santai atau ruang makan tentu tidak cocok jika menggunakan pencahayaan yang terang yang justru malah akan menghilangkan suasana hangat itu sendiri. Disinilah pentingnya pemilihan pencahayaan yang tepat, akan dibahas di artikel kali ini.

 

Ruang Tamu

Ruang tamu merupakan ruangan dimana interaksi penghuni rumah paling banyak ditemui, ruangan ini bernuansa bersantai tapi merupakan ruangan yang perlu diberikan cahaya yang terang menyebar. Pemilihan cahaya yang tepat untuk ruangan jenis ini adalah cahaya yang terang dengan menyebar.

Biasanya penempatan lampu untuk ruangan jenis ini ditempatkan persis di tengah ruangan, agar mampu memberikan pencahayaan yang menyebar ke tiap tiap sudut ruangan. Lampu yang digunakan untuk jenis pencahayaan ini adalah downlight dan TL.

 

Ruang Makan

Ruang Makan merupakan ruangan dimana berkumpulnya anggota keluarga untuk melakukan aktivitas bersama. Pencahayaan yang cocok untuk ruangan ini umumnya adalah cahaya yang hangat atau agak sedikit Remang-remang. Pencahayaan harus menciptakan cahaya yang cukup dengan nuansa yang hangat. Pemberian ornamen kecil seperti lilin atau pijar kecil bisa ditempatkan disudut ruangani, begitu juga dekorasi lilin di tengah meja makan menjadi dekorasi apik yang perlu dipertimbangkan.

Penempatan lampu diatas meja makan dengan menggantung lampu dapat meningkatkan estetika ruangan juga menambah suasana mood, ketika cahaya redup, suasana lembut yang tercipta bahkan dapat dibuat mirip dengan lilin. Lengkapi meja makan dengan lampu downlight, untuk penerangan di meja makan.

 

Ruang Tamu / Istirahat

Ketika akan beristirahat, pencahayaan tentunya perlu diatur agar sedikit redup agar ruanhan menjadi lebih nyaman untuk digunakan beristirahat. Pemilihan lampu pijar bisa menjadi pilihan ketika beristirahat agar bisa beristirahat lebih pulas dengan tanpa menghilangkan cahaya yang ada. Pemilihan pencahayaan yang tepat untuk ruang pribadi perlu mempertimbangkan  berbagai aspek seperti ukuran kamar, ketinggian plafon, lightspot yang akan digunakan, dan view cahaya yang diharapkan.

Pilihlah lampu yang dapat menyebarkan cahaya  keseluruhan ruang  Untuk penggunaan lampu istirahat, bisa juga menggunakan lampu pijar atau lampu warm berukuran kecil yang ditempatkan disudut ruangan atau diatas meja samping tempat tidur.

 

Ruang Dapur

Ruang dapur ini perlu diberikan nuansa yang bersifat netral, pencahayaan yang cukup, dan jika perlu pantulan cahaya dari luar lewat sela kaca perlu diberikan. Bagian yang perlu dipertimbangkan adalah pemanfaatan dan posisi rak gantung yang dipasang, maka pencahayaan perlu mempertimbangkan posisi yang tepat.

Atas ruangan atau Langit-langit merupakan media yang dapat mengakomodasi sistem pencahayaan di dapur. Pemberian pencahayaan bisa dilakukan dengan penempatkan pencahayaan tidak terlalu terang, dengan tidak menggangu posisi saat beraktivitas.

 

Kesimpulan

Pemilihan cahaya yang tepat diperlukan agar bisa mendapatkan hasil pencahayaan yang maksimal. Faktor-faktor yang perlu Kita pertimbangkan dalam menentukan pencahayaan ruangan yang akann digunakan diantaranya adalah jenis ruangan yang digunakan, luas ruangan, ketinggian plafon, lightspot, dan suasana ruangan yang digunakan, tak ketinggalan juga ornamen yang diletakkan diruangan turur menentukan pencahayaan yang akan digunakan.

Teks : Mareta Putri / Maudijual.com

Leave a Reply