Tips Pemasangan Rak Gantung Simpel dan Apik

Dekorasi Rumah Via: Ade Sinuhaji / Biarlaku.com

Floating shelf atau rak gantung, adalah rak yang posisinya menemel di dinding secara langsung, yang berfungsi untuk mendekorasi ruangan Interior, yang dipasag dengan bantuan siku pada bawah rak atau visher yang menempelken sisi rak dengan tembok secara langsung. Rak gantung memiliki banyak bentuk dan ukuran.

Penggunaan rak gantung merupakan hal yang sangat menarik, dimana bentuk dan jenisnya bermacam-macam. Untuk rak dinding jenis gantung, pemasangannya menempel secara langsung di dinding, dengan atau tanpa penyangga dibagian bawah rak. Rak gantung yang umum digunakan adalah rak gantung horizontal, yang bentuknya memanjang tanpa Kaki-kaki, selain bentuk memanjang, bentuk lain dari rak gantung juga sangat banyak jenisnya.

Untuk pemasangan rak dinding ini, sesuaikan bentuk, warna, dan ukuran dari rak dengan ruangan Interior yang ada. Pastikan jenis rak yang digunakan, untuk rak gantung, tentukan jenis rak dan penempatannya. Ukuran dari rak juga perlu dipertimbangkan agar pas.

Desain rak gantung ini menjadi pilihan yang menarik untuk mereka yang menginginkan rak yang simpel, fleksibel dalam penempatan, dan memberikan kemudahan dalam menyimpan koleksi buku dirumah. Memang, harga yang perlu dibayar untuk membeli rak ini agak mahal, tapi sesuai dengan pemanfataan dan kualitasnya.

Selain berfungsi sebgaai media penyimpanan, rak dinding model umum bisa lacinya bisa digunakan sebagai media penyimpanan barang.Rak dinding yang mempunyai bentuk.

 

Pemasangan di Sudut Ruangan

Pemasangan rak gantung juga bisa dilakukan di sudut ruangan yang kosong. Manfaatkan celah di sudut ruangan untuk meletakkan dekorasi ruangan, bisa berupa vas bunga, dekorasi ruangan apapun. Dengan menggunakan rak gantung berbentuk ¼” lingkaran yang sudah banyak tersedia ini, pemaangan bisa dilakukan tepat di sudut ruangan, tentu hal ini bermanfaat untuk memberikan dekorasi pada sudut ruangan Interior.

 

Membuat Rak tak Terlihat

Untuk memasang rak gantung tanpa panyangga atau siku di bagian bawah dinding. Modem rak gantung yang bisa dipilih adalah rak gantung yang memiliki lubang di satu sisinya yang berfungsi untuk menempatkan visher dan paku untuk langsung ditempelkan ke tembok. Model rak gantung ini selain mudah dalam pemasangan, juga membuat interior terlihat lebih rapih.

 

Beri variasi dan Lekukan Rak Gantung

Penggunaan rak gantung tidak bersifat monoton. Rak gantung saat ini bervariasi modelnya, penggunaan rak gantung horizontal bertumpuk, rak horizontal yang berbentuk menurun seperti tangga, atau rak gantung berbentuk kotak dengan berbagai ukuran, yang saling bersisian, bisa digunakan sesuai selera dan kebutuhan.

 

Atur jarak antar Rak

Pemasangan rak gantung juga memerlukan perhitungan jarak yang tepat. Pemasangan antar rak gantung perlu diatur jaraknya. Untuk rak gantung dengan model horizontal yang bertumpuk, atur jarak antar rak gantung dengan menyesuaikan dengan batas maksimal rak gantung. Hal ini bisa didapat dengan memperkirakan ukuran buku yang Kita miliki.

 

Beri pembatas buku

Pembatas buku bisa digunakan untuk rak gantung yang akan diisi dengan berbagai koleki buku. Pembata buku ini berbentuk seperti plat besi tipis berbentuk vertikal yang dipasang pada pertengaha rak gantung.

 

Isi tepian Rak

Tepian rak gantung bisa diisi dengan batas rak yang dibuat dari penampang kayu yang pendek dan dipasang dengan posisi vertikal. Pasang di tiap tepian rak gantung, dan untuk menempelannya ke alas rak gantung bisa menggunakan penyangga atau bisa juga menggunakan visher.

 

Teks : Mareta Putri / Maudijual.com

Leave a Reply