Tips memilih Warna untuk Interior

Warna untuk Interior Via: Biarlaku.com

Warna bukan hanya merupakan atribut pemilihan untuk mendesain interior semata, tapi lebih dari itu, warna juga sebenarnya memerankan peranan penting untuk memberikan nuansa yang berbeda pada ruangan dengan konsep tertentu. sebagai contoh, untuk bisa mendapatkan nuansa ruangan yang mampu membangkitkan mood bekerja, Kita bisa digunakan warna bertema industry seperti grey, untuk warna cerah untuk mendapatkan inspirasi desain, bisa gunakan warna Hijau, Oranye, kuning, dan atau kombinasi dari warna tersebut. Pemilihan warna yang tepat bukan saja memberikan nilai lebih pada desain ruangan, tapi juga membangkitkan mood.

 

Pemilihan dan Kombinasi Warna

Pemilihan kombinasi warna bisa dilakukan untuk memberikan aksen pada ruangan, pemberikan kombinasi warna sendiri terdiri dari warna dominan danwarna kombinasi atau dalam hal ini bisa disebut Lis. Pemilihan warna dominan bisa menggunakan warna solid yang bukan warna yang kontras seperti putih, hijau muda, biru muda, sedangkan untuk warna tambahannya bisa gunakan warna terang dan kontras terhadap warna dominan, dalam hal ini warna kuning, merah, ungu, termasuk warna tambahan yang bisa digunakan untuk Lis dengan menyesuaikan dengan warna dominan yang digunakan.

 

Pelajari Karakter warna dan Sesuaikan dengan Ruangan

Setiap warna memiliki karakter dan mood tersendiri. Penting untuk mempelajari mood dan arti dari setiap warna.  sebagai contoh, misalnya warna biru muda menggambarkan ketenangan dan demikian denhan ruangan dan tema yang disesuikan dengan warna tersebut. Setelah mempelajsri karakter dari setiap warna, sesuaikan dengan ruangan yang ingin menggunakan warna tersebut, kemudian pilih kombinasi yang tepat untuk mendapatkan  mood terbaik.

 

Tentukan Tema

Menentukan tema yang tepat merupakan hal yang perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil yang baik pada desain Interior yang Kita buat. Pemilihan tema dengan mempertimbangkan karakter warna yang akan digunakan dan jenis ruangan serta konsep yang diinginkan. Karena setiap ruangan memiliki konsep dan nuansa yang berbeda. Misal dapur memiliki nuansa yang lembut dan segar,  kamar tidur bisa menggunakan warna hijau muda atau pink untuk menambah kesan hangat dan nyaman.

 

Perawatan Cat Dinding

Dinding yang sudah dilakukan pengecatan perlu juga dilakukan perawatan agar warna cat tersebut tidak kusam dan tidak mudah rusak. Perawatan terhadap cat tersebut bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Pembersihan dinding cat bisa dilalukan dengan memersihkan dinding cat secara perlahan menggunakan lap bersih, noda dan percikan minyak yang mengganggu semestinya segera dibersihkan hingga menghilangkan kotoran yang ada. Pembersihan dinding bisa dilakukam seminggu sekali atau Selambat-lambatnya dua minggu sekali untuk meenghindari kotoran yang terlalu lama melekat, agar tidak terlalu sulit dibersihkan.

 

Sesuaikan Warna Wardrobe

Warna furniture bisa disesuaikan dengan warna dasar atau warna dominan yang dipilih. Selain, warna lis pada ruangan juga diberikan. Umumnya warna yang diberikan untuk furniture adalah warna yang tidak kontras dengan warna dominan ruangan, dan bisa berupa warna selingan dari warna dominan yang sudah dipilih dan digunakan.

 

Sesuaikan Warna dari Produsen

Setiap warna dari produsen cat kadang memiliki relevansi warna yang agak berbeda. Warna Biru dari suatu produsen belum tentu memiliki warna yang serupa dengan biru dari produsen yang lain. Oleh karena itu, sesuikan betul warna yang diinginkan dengan menggunakan cat dari produsen yang intensitas warnanya Benar-benar sesuai dengan kebutuhan Kita.

 

Teks : Mareta Putri / Maudijual.com

Leave a Reply