Tips Memilih Oli Terbaik untuk Motor Matic

motor oil into the engine Via: graphicstock.com

Oli merupakan bagian yang penting dalam perawatan sepeda motor karena berkaitan langsung dengan blok mesin, yaitu sebagai pelumas mesin. Fungsinya yang vital menjadikan penggunanya perlu cermat dan teliti dalam melakukan preventive maintenance sepeda motornya, termasuk matic. Pemilihan oli yang tepat perlu mempertimbangkan jenis motor yang digunakan, kekentalan oli yang dibutuhkan, dan kebutuhan dalam berkendara. Kesalahan dalam pemilihan jenis oli dapat berakibat tidak optimalnya pemulasan sampai pada tingkat yang fatal. Untuk itu Kita mengenal ada oli untuk matic ada juga untuk oli motor 4T, 2T, semuanya dipertuntukkan untuk jenis motor yang berbeda karena perbedaan karakteristik motor dan kebutuhan pelumasan mesin. Karakteristik oli matic sendiri berbeda dengan motor bebek atau kopling, motor matik menggunakan kopling kering yang dirancang lebih encer agar mampu dengan cepat mengatasi slip kopling, karena karakter motor kopling yang otomatis, maka rasio pergeseran kopling pun rapat dan cepat dibandingkan dengan motor kopling manual atau sport.

Karena kerapatan motor matic lebih rapat dari motor lainnya. Maka oli untuk motor matic didesain agar lebih encer dengan tujuan agar sirkulasi oli lebih cepat dan mampu melepas panas dengan cepat. Mesin motor matik yang memiliki karakter yang cenderung spontan atau stop and go. Posisi throud mesin dan rangka mesin yang tertutup membuat sirkulasi angin yang masuk menjadi lebih terbatas dan membuat mesin menjadi sangat panas. Motor matic memerlukan oli dengan zat aditif yang mampu mengurangi panas mesin dan mengurangi gesekan antat parts mesin dan menjaga kestabilan suhu mesin.

  • Kualitas oli matic terbaik (API SL), dan memiliki aditif molybdenum yg berguna utk mengurangi gesekan dalam mesin sehingga kinerja mesin jadi lebih fisien.
  • Ada jenis sertifikat yang beredar, yaitu API dan JASO MA. Kode di belakang JASO menunjukkan kualitas sertifikat. Yang paling tinggi adalah JASO MA2 jadi klo bisa pilih yang kode MA nya paling tinggi. Khusus motor matic memakai kode JASO MB.

 

OLI YANG COCOK UNTUK MOTOR MATIC

 

Top One Oil

Top One merupakan brand oli mesin motor yang sudah ada nama nya sejak lama. Harga yang bersahabat dan namanya yang sudah familiar dikalangan otomotif, menjadikan brand ini oli pilihan untuk motor kesayangan biker.

 

Suzuki Genuine Oil

Brand oli yang sejatinya merupakan besutan Suzuki motor ini menjadi pilihan terutama untuk biker yang menggunakan sepeda motor Suzuki. Kelebihan oli mesin ini adalah mampu melindunhi mesin dari keausan dan korosi akibat kotoran yang menempel pada gap mesin.

 

AHM Oil

AHM Oli  dirancang untuk matic Honda. Selain kualitasnya yang sudah tidak diragukan lagi, keawetan dan kualitasnya juga terjaga.

 

Evalube Oil

Evalube oil merupakan oli besutan Yamaha motor. Dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang baik ini menjadikan Evalube oil ini oli pilihan yang banyak digunakan saat ini.

 

Yamalube Matic

oli ini merupakan oli Yamalube versi “matic” yang diperuntukkan khusus untuk motor matic Yamaha, mulai dari Mio, Fino, Lexam.

 

Kesimpulan

Apapun pilihan oli yang digunakan, yang pasti gunakan oli yang tepat jenis motornya dan juga perhatikan tingkat kekentalannya, karena Tiap-tiap oli memiliki tingkat kekentalan yang Berbeda-beda, hal ini dilakukan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Teks : Mareta Putri / Maudijual.com

Leave a Reply