Tips Memanfaatkan Dapur yang Sempit

Dapur Via: Biarlaku.com

Dapur dengan ruangan terbatas menjadi kendala dalam melakukan aktivitas . Sejatinya dapur merupakan tempat dimana Kita melakukan aktivitas memasak makanan, penataan dan pengaturan ruangan perlu dilakukan agar tidak salah kaprah dan juga agak mendapatkan luas area yang efektif dan efisien. Ruangan dapur perlu perlu dimaksimalkan, meski tergolong ruangan yang mendapatkan akses paling sedikit, dibandingkan ruang tamu atau ruang keluarga. Penataan yang kurang maksial berakibat pekerjaan yang kurang efektif.

Tips kali ini akan membahas tentang tips penataan dapur sempit yang bisa kita maksimalkan.

 

Gunakan Furniture Gantung

Untuk mempermudah dan juga menghemat tempat dan ruangan. Bisa gumakan furniture gantung dengan Laci dan 2 daun pintu tiap sekat. Pengggunaan furniture gantung selain menghemat ruangan juga memudahkan dalam perapihan barang. Barang disusun bersadarkan jenis dan ukurannya. Penempatan furniture gantung.

 

Kombinasi Warna Furniture

Meski hanya merupakan dapur, pengaturan warna juga perlu dilakukan agar mendapatkan dapur yang menarik dari sisi desain. Carilah warna yang memberikan kesan luas pada ruangan. Penggunaan warna yang umum digunakan adalah putih hijau dengan dominasi warna puti, biru putih dengan dominan biru.

Adapun warna lain seperti Gray atau Abu-abu bisa menjadikan dapur terlihat lebih rapih. Meja berukuran kecil juga bisa ditempatkan.

 

Penggunaan Meja Bar

Furniture lain yang bisa dimanfaatkan untuk membuat dapur kecil tampak luas  adalah pemanfaatan meja bar atau meja yang memanjang  yang bisa digunakan baik sebagai tempat makan bersama maupun sekedar Duduk-duduk untuk bersantai. Pemanfaatan meja bar ini tentu bukan hanya menghemat tempat tapi juga fungsional. Penempatan meja bar inj akan memberikan kesan rapih pada dapur dan membuat Kita betah Berlama-lama duduk didapur untuk sekedar santai.

 

Gunakan Perlengkapan Tupperware

Furniture penyimpanan berupa Tupperware merupakan alat yang efektif untuk meletakkan berbagai bumbu, makanan, dan juga snack. Dimana tupperware bukan hanya sebagai tempat penyimpanan makanan, tapi juga mempermudah menyimpanan makanan, disamping itu juga aman untuk digunakan (food grade),tahan panas, dingin, dan sangat praktif.

Jenis,bentuk dan penggunaan tupperware saat ini sudah Bermacam-macam bentuknya. Jika awalnya Kita mengangap keberadaan perabot ini sebagai wadah penyimpanan saja, ini kurang tepat, tupperware bukam hanya tempat penyimpanan makanan, bahkan saat ini berbagai pekakas seperti tempat telur, juicer, pemeras buah, pemarut, tersedia sebagai bagian dari katalog perlengkapan tupperware.

Tupperware dengan model stack atau bertumpuk, atau model tuppperware dengan Sekat-sekat merupakan pilihan yang baik. Jadi untuk kemudahan pengaturan makanan, bisa gunakan Tupperware sebagai perabot pelengkap Dapur.

 

Penggunaan Meja Bar

Furniture lain yang bisa juga dimanfaatkan untuk membuat dapur kecil tampak lebih luas  adalah pemanfaatan meja bar atau meja yang ukurannya memanjang  sepanjang dinding, dengan kursi tanpa palang yang dipasang berjejer dengam mejanya. Meja bar ini bisa digunakan baik sebagai tempat makan bersama maupun sekedar Duduk-duduk bersantai dan Berbincang-bincang. Penggunaan meja bar ini tidak perlu terlalu panjang.

 

Faktor Pencahayaan

Dan satu hal lagi yang mampu menjadikan dapur terlihat luas adalah adanya pencahayaan yang tepat. Selain itu pemasangan jendela dapur juga mampu memberikan aksen yang baik selain disamping itu juga memberikan efek bias cahaya yang masuk saat mulai masuk siang hari. Penggunaan pencahayaan yang baik dan penempatan jendela yang tepat menjadikan dapur terasa menjadi lebih luas, dan juga memberikan nuansa yang lega dan nyaman.

 

Teks : Mareta Putri / Maudijual.com

Leave a Reply