Tips desain ruangan rumah yang apik

lot of boxes via: graphicstock.com

Desain layout ruangan yang baik bukan hanya tentang pengaturan layout ruangan, tapi juga pencahayaan, ornamen ruangan yang digunakan, pemilihan perabot/atribut yang tepat, dan pemanfaatkan seka ruangan yang bisa digunakan. Hal ini tentu membutuhkan pengetahuan tentang itu untuk bisa mengatur ruangan yang Kita miliki dengan semaksimal mungkin.

Di artikel kali ini Kita akan membahas tentang Tips bagaimana mendesain ruangan yang Kita miliki dengan apik, bukan hanya pengaturan layout, tapi juga tentang pemilihan atribut / ornamen, dan pemanfaata sela ruangan yang bisa digunakan untuk menyimpan benda kesayangan Kita.

Pengaturan ruangan agar maksimal

Ruangan yang ada harus digunakan dengan maksimal, agar mendapatkan hasil yang sesuai. Ruangan yang besar sekalipun jika tidak digunakan dengan maksimal maka akan kelihatan tidak tertata tapi dan kurang apik. Sedangkan ruangan yang tidak terbilang besar sekalipun jika digunakan degan bmaksimal akan mendapatkan ruangan yang tertata rapi dana terlihat besar.

  • Memamsimalkan penggunaan perabotan dengan memberi perabotan yang memiliki ukuran yang cukup untuk digunakan.

Gunakan pencahayaan yang cukup

  • Pemilihan Pencahayaan yang tepat
    Pencahayan merupakan hal lain yang terkadang luput dari perhatian ketika mendesain sebuah ruangan. Selain pencahayaan utama, tempatkan pula lampu pijar untuk tidur, dan lampu belajar di meja belajar, agar lebih nyaman
  • Pilih pencahayaan yang menunjang keamanan
    Terlalu terang akan membuat mata lelah dan capek, tapi cahaya yang kurang terang juga tidak baik. Jadi pilihlah pencahayaan yang tepat, sesuai kamar yang digunakan.
  • Gunakan jenis lampu yang tepat, sesuai jenis ruangan, untuk memberi kesan penegasan
    Menentkan tipe pencahayaan yang tepat snagat dibutuhakan karena Kita bersama pahami bahwa da banyak jenis lampu yang ada dengan berbagai jenis dan peruntukkan yang ada. Pilihlah jenis lampu yang terang dan cahayanya menyebar untuk ruang tamu, jenis lampu dengan penerangan warm bisa digunakan pada ruangan tertentu yang memiliki interaksi lebih sedikit seperti ruangan atau sekat untuk penempatan barang, lemari buku, perpustakaan kecil, dsb.

Baca Juga >> Tips Pencahayaan Ruangan Interior

Manfaatkan penempatan Ornamem ruangan

Penempatan ornamen yang tepat diperlukan unuk mepercantik ruangan agar tidak terkesan monoton. Ornamen untuk ruang tamu dan kamar anak atau orang tua tentu berbeda pemanfaatnya, sesuaikanlah dengan ruangan yang akan digunakan. Jangan banyak mengunakan ornamen, dan pilih ornamen yang sesuai untuk menggambarkan suasana ruangan tersebut.

 

Jangan lewatkan sela ruangan kosong

 Sela-sela ruangan yang kosong seperi sudut ruangan yang berkedakan dengan lemari. Dinding dibagian atas kasur, atau samping kasur tentu bisa dimanfaatkan untuk menempatkan properti yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya sudut ruangan kamar yang kosong bisa ditambahkan dengan memanfaatkan rak gantung seperempat lingkaran yang menutup celah di sudut ruangan, bisa dipasang bertumpuk, kemudian bisa diisi dengan pot bunga, atau tanaman hias yang diperlukan. Kemudian pemanfaatan rak gantung berbentuk horizontal bisa juga diterapkan dinding bagain atas kasur, untuk menambah dekorasi ruangan dan menghemat tempat tentunya.

 

Kesimpulan

Penataan ruangan sebenarnya tidak terlalu sulit, asalkan Kita rajin dan rutin melakukan penataan dan perawatan terhadap ornamen ruangan, serta tidak lupa untuk melakukan membaharuan penataan yang rutin, bisa dilakukan sebulan sekali atau 2 bulan sekali , tidak perlu banyak tapi bisa dilakukan pada bagian yang dirasa penting, yang bisa dipindah tanpa mengganggu keseluruhan tatanan ruangan. Seperti pemindahan meja samping kasur, atau rak buku mini, dan pot bunga.

Ayo sudah siap mendesain ruangan rumah kalian, jangan lupa tulis dikomentar kalau ada masukan yang lain.

Teks : Mareta Putri / Maudijual.com

2 Comments

  1. Selly

Leave a Reply