Review Yamaha Aerox 155 2017

Yamaha Aerox 155 2017 Via: Biarlaku.com

Yamaha Aerox 155 merupakan motor matic Yamaha yang merambah pasar dengan target middle-level, dengan tampilan yang elegan dan futuristik.

Dengan desain yang cukup tajam dan flat untuk matic dikelasnya, memgusung teknologi Blue Core, dan fitur andalannya “Smart Keyless System”. Bagi yang belum mengetahui apa itu Blue Core, Blue Core merupakan teknologi terapan Yahama pada motor Maticnya yang mampu menyempurnakan dan mengoptimalkan proses pembakaran dan menghasilkan mesin yang lebih bertenaga.

Yamaha Aerox 155 memiliki basis mesin  NMAX, dan diproporsikam untuk menjadi rival Honda Vario 150 eSP. Seperti apa fiturnya mari Kita simak artikel berikut ini.

 

Bodi

Di sektor bodi, Yamaha Aerox 155 memiliki ukuran yang cukup bongsor, Mirip-mirip dengan Yamaha MX-King. Dengan dimensi panjang 1.990 mm, lebar 700 mm, dan ketinggian 1.125, dan bobot mencapai 116 Kg. Cukup besar untuk ukuran sebuah skutik yang futuristik. Untuk ketinggian jok sendiri sekitar 790 mm.

Di sisi tanki, Yamaha Aerox 155 menyediakan bagasi untuk penyimpanan dengan kapasitas cukup besar 25 liter, dengan tanki bahan bakarnya berkapasitas 4.5 Liter. Memudahkan penyimpanan barang di dalam bagasi tersebut, sehingga tidak khawatir untuk menyimpan benda berharga selama dalam perjalanan.

Fitur tambahan berupa Electronic Power Socket, berfungsi untuk melakukan charging ponsel selama berkendara. Dan Sistem keyless yang memudahkan dalam pencarian motor saat diparkir . Adapun sistem “SSS” (Start / Stop / Starter), berfungsi untuk mematikan otomatis mesin saat sekian detik throttle gas ditutup total, dan hanya tersedia di varian “S” Yamaha Aerox 155 ini.

 

Suspensi

Di sektor pengereman, Yamaha Aerox 155 menyematkan cakram teleskopik dibagian depan Dengan fitur ABS dan tromol dibagian belakang. Fitur pengereman ABS sendiri tersedia bagi varian S  Yamaha Aerox 155.

Yamaha Aerox 155 imi menyematkan ban berukuran 14” . Yamaha Aerox 155 ini juga  dibekali velg berukuran cukup besar dengan 2 sistem suspensi yang cukup baik. Untuk spesifikasi ban depan adalah 110/80-14M/C 53P dengan ban 140/70-14M/C 62P. Ukuran roda dan velg yang lebih besar 1” dibandingkan Yamaha NMAX. Tentunya dengan spesifikasi ini menjadikan sistem Suspensi Yamaha Aerox 155 ini memiliki daya redam yang baik di berbagai medan jalan yang terjal dan bergelombang, serta manuver yang lebih mantap.

 

Headlamp & Rearlamp

Di sektor Headlamp, Yamaha Aerox 155 menyematkan LED ganda. Headlamp berteknologi LED  dengan desain yang tajam dan futuristik.kesan sporty dan tajam. Dengan penerangan tersebut tentunya akan memberikan pencahayaan yang terang tanpa menyilaukan.

Kesan gambot dan cukup besar ada di headlamp motor ini. Area headlamp Yamaha Aerox 155 sendiri dibagi mejadi 3 bagian. Untuk lampu utama menyatu dengan lampu jauh dekat, lampu senja dan lampu sein berada di posisi agak menyamping.

 

Speedometer / Dashboard

Di sektor speedometer sendiri Yamaha Aerox menyematkan Spidometer digital dengan layar negative LCD backlight biru, yang berukuran cukup lebar 5,8 inchi. Informasi yang disediakan di Yamaha Aerox 155 ini antara lain : Odometer, Tripmeter, Indikasi Fuel, Indikasi Batteri, Indikasi Konsumsi, VVA, RPM, dan Jam digital.

Adapun fitur tambahan di sisi keamanan kontak yang memungkinkan Yamaha Aerox 155 untuk menghidupkan mesin tanpa menggunakan kunci kontak.

 

Mesin

Yahama Aerox 155 memiliki kapasitas mesin sebesar 155cc yang dengan basis mesin serupa Yamaha NMAX, menggunakan konstruksi mesin SOHC 4-katup sistem Liquid Cooled.

Yamaha Aerox 155 ini  ini telah menyematkan teknologi Blue Core yang diklaim mampu menghasilkan efisiensi bahan bakar denagan tanpa mengurangi kualitas dari tenaga mesin yang dihasilkan oleh Yamaha Aerox 155 ini.

Dengan tenaga maksimal 14.8 HP pada putaran 8.000 rpm, dan torsi maksimal mencapai 14.4 Nm pada putaran 6.000 rpm, menjadikan Yamaha Aerox 155 sanggup berakselerasi dengan cepat dan tenaganya akan disalurkan pada sistem transmisi yang memanfaatkan gearbox CVT.

 

Kesimpulan

Yamaha Aerox ini hadir dalam 3 varian yaitu varian standar, S, dan R.  Yamaha Aerox 155 sendiri diklaim menyematkan lebih banyak fitur dan lebih canggih dibandingkan Yamaha NMAX. Dengan desain motor yang gambot ini dan jok berukuran lebar, memberikan sensasi ergonomis yang cukup nyaman . Untuk posisi dudukan kaki sendiri, sama seperti matic kebanyakan, tidak bisa digunakan untuk bertumpu dengan sempurna. Cocok untuk mereka yang menginginkan matic berukuran gambot dengan desain futuristik dan berkubikasi besar.

Bandrol untuk Yamaha Aerox 155 sendiri kisaran Rp 21 – Rp 26 jutaan (berdasarkan website resmi Yamaha Motor Indonesia), untuk OTR Jakarta.  Versi S Version mengusung spesifikasi lebih banyak dengan SSS dan Smart Keyless System. Untuk versi R hanya berbeda dari sisi desain.

 

Teks : Mareta Putri / Maudijual.com

Leave a Reply