Mau Bisnis Properti “Pahami Ini”

model of a house via: graphicstock.com

 

Definisi Bisnis Properti

“Bisnis properti merupakan bentuk tabungan, investasi, atau simpanan untuk masa depan yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan”

Bentuk properti tidak terbatas pada rumah saja, karena banyak jenisnya. Properti sendiri merupakan asset yang bisa berbentu Tanah, Gedung / Bangunan, Sarana dan Prasarana apapun yang tidak terpisahkan dari tanah & gedung yang dimaksudkan. Jadi kesimpulannya, properti merupakan asset kepemilikan yang Kita punya beserta tanah bangunannya.  Sehingga Bisnis properti diartikan secara definitif sebagai bisnis yang mengarah pada bidang tanah atau bangunan yang berdiri diatasnya.

Adapun pihak yang terlibat langsung dan berperan dalam pergerakan dalam bidang usaha bisnis properti adalah : pemerintah, pengguna, penyumbang / pemilik modal. Ke-empat unsur itulah yang selalu ada dalam bisnis properti.

Pemerintah dalalm hal ini merupakan pihak yang memiliki hak mengeluarka  aturan dan monitkring terhadap bisnis properti yang djjalanankan dibawah payunng hukum. Pelaku bisnis disebut Pengguna, yang memiliki seluruh atau sebagian hak kepemilikan terhadap Properti-properti yang djmaksud yang mana bisa  dibuktikan dengan adanya sertifikat terhadap properti tersebut. Di sisi lain tentu ada pemilik modal / penyumbang yang memilki peran sebagai  pihak yang turut membantu berjalannya suatu bisnis properti dengan cara membiayai bisnis properti yang sedang djalankan.

Contoh aplikasi bisnis properti : Pengguna membeli atau memiliki sebuah rumah tanah di wilayah tertentu yang sudah memiliki sertifikat resmi dari pemerintah. Selanjutnya pengguna menyewakan atau menjual kepada pihak penyumbang atau pemilik modal.

 

  1. Jenis Bisnis Properti

 

2.1. Residensial atau tempat hunian

Bangunan residensial merupakan bisnis properti berupa tempat tinggal atau hunian. Residensial atau tempat hunian yang dimaksud Bermacam-macam jenisnya bisa berupa perumahan, rusun (rumah susun), apartmen, hotel, villa dan sebagainya. Dan dari beberapa jenis residensial yang ada, perumahan (rumah) merupakan jenis residensial yang sangat populer di negeri Kita saat ini karena kemudahan akan pengelolaan dan memang tingkat kebutuhannya dan peluang bisnisnya yang cukup tinggi, hal ini dikarenakan masih banyaknya tersedia lahan tanah yang luas dan masih banyak lokasi yang memungkinkan untuk dibangun bangunan diatasnya.

Beda Indonesia, beda pula negara tetangga semisal Singapura, ia tidak menggalakkan pengembangan horizontal, tetapi vertikal. Hal ini dikarenakan disana tidak tersedia lahan tanah untuk bangunan sebanyak di Indonesia sehingga tidak memungkinkan pengembangan horizontal lebih lanjut.

2.2. Bangunan Publik atau tempat usaha

Bangunan komersial berarti bangunan yang digunakan dengan keperluan mendapatkan keuntungan atau bisnis,yang termasuk bangunan komersil ini gedung perbelanjaan (mal), toserba, hotel, RS, dab masih banyak lagi.gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, gedung pelayanan dan masih banyak lagi. Banyak sekali bangunan publik atau tempat usaha ini, tentunya dengan berbagai jenis usaha yang ada.

Pada umumnya gedung perkantoran dibangun di pusat bisnis sehingga memudahkan pelaku bisnis dalam menjalankan bisnisnya.

2.3. Bangunan industri dan bangunan penelitian-pengembangan

Bangunan pabrik atau manufaktur merupakan jenis dari bisnis properti berskala besar. Bangunan untuk bisnis properti sendiri biasanya disesuaikan lokasi pembangunannya dilokasi yang mampu menunjang kegiatan usaha tersebut. Maka penentuan lokasi pembangunan haruslah sebaik mungkin dan strategis. Contoh adalah bangunan untuk pergudangan maka memmpunyai ciri khas adanya ruangan yang luas sebagai tempat aktivitas dan penempatan barang gudangnya.

Sebagai kesimpulan, industri manufaktur merupakan segala kegiatan atau proses mengubah bahan baku yang mentah menjadi barang yang jadi atau setengah,  biasa kita sebut sebagai proses manufaktur. Artinya, semua industri yang bisa dikategorikan sebagai industri manufaktur adalah setiap industri yang didalam kegiatannya terdapat proses pengelolaan suatu barang menjadi baranag yang lain.

 

Nah itulah sedikit ulasan tentang pengertian bisnis properti. Semoga bisa memberi manfaat dan wawasan tambahan akan apa itu bisnis properti dan Jenis-jenisnya.

Teks : Mareta Putri / Maudijual.com

Leave a Reply