7 Tips Penataan Figura Interior

Sketsa Interior Via: Biarlaku.com

Kurang lengkap rasanya interior tanpa adanya fifura. Hadirnya figura menjadi pelengkap interior, karena kehadirannya bukan hanya menambah kesan nyaman dan ramai ruangan, tetapi juga memberikan nuansa dan mood yang berbeda. Penggunaan figura ini perlu mempertimbangkan frame, penempatan, jenis figura, dan jumlah figura yang akan dipasang.

Agar mendapatkan  penataan figura yang cantik dan apik, perlu pengaturan letak figura.

Di artikel kali ini akan diberikan tips mengenai Pemasangan Figura, yang bukan hanya rapih, tapi menambah estetika ruangan.

 

Gunakan Rak Gantung

Di artikel sebelum sudah pernah dibahas tentang penggunaan rak gantung. Dan kali ini penggunaan rak gantung Lagi-lagi juga diikutsertakan pada penggunaan Figura.

Koleksi figura bisa diletakkan di dinding dengan disandarkan pada rak gantung horizontal yang memanjang, Panjang figura bisa divariasikan, contoh gabungkan figuran berukuran kecil dan sedang.

 

Sesuaikan Ukuran dan Margin antar Figura

Ukuran figura turut andil mempengaruhi jumlah figura yang bisa dipasang, penempatan figura, dan pertimbangan peletakan figura. Untuk itu atur dan pertimbangkan ukuran apa saja yang akan digunakan untuk diletakan diruangan.

Untuk penempatan figura dengan rak gantung. Perlu pengukuran jarak rak gantung dengan bagian bawahnya jika area bawah nya diisi dengan, sofa misalnya. Pastikan bahwa jarak yang disediakan cukup. Hal ini selain menambah estetika, juga langkah aman agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

 

Padukan dengan Wall sticker

Figura bisa dipadukan dengan memadukanya dengan wallsticker atau bisa juga disebut wallpaper dinding. Gunakan wallpaper sesuai dengan motif yang diinginkan, dan figura bisa dipasang mengikuti pola wallsticker untuk menambah estetika dinding ruangan.

 

Pergunakan tali Rotan untuk menggantung foto kenangan

Penggunaan tali rotan ini bisa dilakukan untuk memajang Foto-foto kenangan. Penggunaannya sendiri cukup mudah. Kita hanya perlu membentangkan tali rotan sepanjang dinding dengan ukuran 1/2 atau 1 meter, kemudian dengan bantuan paper clip, Foto-foto kenangan dibentangkan sepanjang tali rotan. Mudah bukan.

 

Dahulukam figiura berukuran besar

Perpaduan variasi ukuran figura bisa dilakukan hanya pada figura berukuran kecil dengan sedang. Sedangkan untuk figura berukuran besar, sebaiknya diletakkan sendiri atau diletakkan di area yang menunjukkan dominan figuran tersebut. Lebih baik lagi jika titik penempatan figura tersebut mampu memberikan fokus dari sudut pandang pintu ruangam saat memasuki ruangan.

Setelah meletakkan beberapa figura yang besar, barulah beralih ke figura berukuran kecil. Penempatan Figura-figura berukuran kecil ini bisa dilakukan secara acak bersama dengan figura berukuran sedang, atau menggunakan padanan ukuran yanh sama untuk satu baris figura jika memasang figura dalam bentuk memanjang horizontal seperti penempatan dirak gantung (floating shelf) atau di tali rotan.

 

Atur Ketinggian Figura

Selain jarak atau margin yang perlu diatur, posisi ketinggian figura juga perlu diatur sedemikian rupa agar pemasangannya tidak membuat Kita harus mendonggakkan pandangan terlalu tinggi, kecuali untuk figura tertentu yang tidak mencerminkan konsep yang dominan atau memikat pandangan.  Penempatan figura ini bisa sedikit agak keatas dinding ruangan.

 

Perancangan Figur

Perancangan layout diperlukan untuk membuat tatanan yang diinginkan dengan tidak mengurangi estetika keindahan ruangan interior berbalut figura yang apik. Adapun yang dimaksudkan tatanan disini adalah untuk figura berukuran sedang dan besar, sedangkan figura berukuran kecil tidak memerlukan perancangan yang mendetil.

 

Teks : Mareta Putri / Maudijual.com

Leave a Reply