6 Jenis Desain Interior Populer

Interior Room Via: graphicstock.com

Desain Interior merupakan hal penting yang perlu ditentukan dengan baik kegunaannya, pemilihan desain interior perlu mempertimbangkan banyak hal, diantaranya desain apa yang akan diusung, properti apa saja yang akan dipajang, furnite yang digunakan, dan pencahayaan yang akan digunakan. Tak lupa juga baiknya desain interior memiliki kesamaan tema dengan eksterior, jangan sampai tema yang diusung interior tidak match dengan tema desain eksteriornya. Perlu dipertimbangkan akan konsep yang akan digunakan.

Pada artikel ini Kita akan membahas 5 konsep desain Interior, semoga bisa menjadi inspirasi.

 

Konsep Interior Minimalis

Sesuai namanya, “minimalis” bisa berarti sedikit atau sedehana. Konsep ini mengusung nuansa dengan tema kesederhanaan yang ditunjang dengan furnite, properti, dan pencahayaan yang digunakan. Penataan ruangan juga perlu diperhatikan untuk menciptakan desain interior dengan konsep ini. Konsep ini lebih menekankan pada kesederhanaan dan  fungsi tanpa mengurangi estetika keindahan ruangan dan juga nilai seni dari konsep yang dibuat.

Untuk membuat konsep interior minimalis, furniture dan properti yang digunakan tidak perlu yang harga mahal tetapi memiliki kualitas yang baik, sesuaikan dengan tema yang diusung. Umunya desain interior ini menggunakan warna solid atau wallpaper dinding sebagai painting dinding ruangan, tentunya yang memiliki nuansa sederhana.

 

Konsep Interior Klasik

Desain konsep Interior Klasik Lebih menekankan pada nuansa klasik dan nostalgia yang tidak didapat di konsep desain interior modern atau futuristik. Yang menjadi ciri khas konsep classic adalah tampilannya yang elegan, indah, dan terkesan mewah dan bernuansa klasik, maka pemilihan properti dan Furniture yang tepat menjadi kunci terciptanya konsep interior klasik ini.

Biasanya warna dinding yang digunakan untuk desain interior klasik adalah warna putih solid atau variasi dari warna tersebu, dan untuk material properti dan furniture mengunaan wood plant materials berkualitas.

 

Konsep Interior Modern / Futuristik

Dengan mengusung konsep interior modern atau bisa disebut Futuristik ini, cocok digunakan oleh mereka yang menyukai akan hal yang bersifat futuristik tak terkecuali teknologi. Desain yang digunakan biasanya merupakan perpaduan antara warna metal solid dan kontras, dengan balutan furniture bernuansa futuristik.

 

Konsep Desain Interior Retro

Desain retro menonjokan kesan ceria dan kesan ramai. Desain ini cocok bagi mereka yang menyukai warna yang kontras, mencokok, dan menciptakan suasana yang dinamis. Desain Interior Retro ini masih diminati hingga era modern saat ini, dengan masih banyaknya yang menerapkan konsep desain interior ini.
Desain Interior Retro selalu identik dengan warna-warna yang atraktif yang kontras, cerah, dan dinamis, yang memberikan nuansa ceria dan dinamis, juga ditunjang dengan furniture bernuansa warna kontras pada sofa, kursi, sofa dan furnite lain.

 

Konsep Desain Interior Industrial

Konsep desain Industrial ini merupakan campuran raw materials, karena konsep yang diusungnya menggambarkan nuansa industrial, maka konsep desainnya begitu terlihat bernuansa futuristik, dengan tekstur khas, dan berwarna Keabu-abuan.

 

Kesimpulan

Pemilihan desain Interior yang tepat akan memberikan fungsi ruangan yang sesuai dengan kebutuhan, pemilihan desain interior yang digunakan juga menyesuaikan dengan furniture yang digunakan, warna terapan yang diinginkan, dan hal yang tak kalah penting adalah korelasi pencahayaan yang digunakan dengan kombinasi warna dinding dan properti harus “match” agar tidak terjadi warna yang mendominasi di satu sisi atau warna yang terlalu kontras di satu titik.

 

Teks : Mareta Putri / Maudijual.com

Leave a Reply