3 Jenis Sepeda Motor

Retro Motorcycle Via: graphicstock.com


Sepeda motor merupakan kendaraan roda dua yang digerakkan menggunakan blok mesin. Motor bebek sangat populer di seluruh dunia, dengan berbagai jenis dan model, untuk pria dan wanita, dan sifat pengendalian yang bisa diandalkan seperti sepeda motor.

Penggunaan sepeda motor di Indonesia sangat banyak karena biayanya relatif lebih murah, penggunaan nya yang lebih mudah, dan biaya operasional dan suku cadangnya cukup murah. Penggunaannya sudah meluas dan banyak jenisnya, mulai dari sepeda motor bebek, matic , hingga kopling.

Artikel ini akan membahas tentang 3 jenis sepeda motor yang ada beserta karakteristik,
kelebihan, dan kekurangannya, semoga dengan artikel ini dapat menambah wawasan para
pembaca sekalian tentang dunia otomotif khusus nya tentang sepeda motor, beserta jenis,
kelebihan, serta kekurangannya.

1.Motor Bebek
Jenis pertama dari sepeda motor publik adalah motor bebek, yang menggunakan sistem transmisi semi-otomatis, yang berarti pemindahan transimisi dilakukan dengan bantuan perslening transmisi, yaitu dengan menginjak perslening transmisi dan tentunya dengan mengurangi bukaan gas terlebih dahulu, maka perpindahan transmisi akan bekerja. Pada sepeda motor bebek tersedia mode netral, gear 1 hingga 4, umumnya sepeda motor jenis bebek menggunakan sistem gear hingga 4 gear. Proses pemindahan gigi dilakukan secara manual dengan menggunakan tuas gear yang ada di samping blok mesin kiri sepeda motor. Sepeda motor ini tidak menggunakan handle kopling karena sistem transmisinya semi-otomatis. Sepeda motor ini memiliki kelebihan yaitu irit bensin, ramah penggunaan, dan mudah dalam perawatan dan replacement suku cadangnya.

2.Motor Kopling
Jenis motor kedua adalah motor kopling yang menggunakan sistem transmisi manual, dimana permindahan gigi sama seperti motor bebek, tetapi dengan tambahan tuas kopling di bagian kiri stang yang berfungsi sebagai perenus tenaga mesin ke rantai dan ban belakang. Gear pada motor kopling biasanya 5 gear atau 6 gear. Proses pemindahan gigi sama seperti motor bebek, ditambah dengan penekanan tuas kopling, dan kombinasi antara blip-throttle (bukaan-tutupan gas), pekenanan tuas kopling, dan injakan transmisi kopling harus seimbang karena ini menentukan baik tidaknya proses perpindahan gigi pada motor kopling ini. Oleh karena itu pada sepeda motor kopling diserta dengan Odometer, posisi indikator RPM yang berfungsi sebagai indikasi putaran mesin. Sepeda motor ini memiliki kelebihan yaitu tarikan powerful, kelebihan perpindahan gigi yang lebih halus, dan Perawatan yang Mudah.

3.Motor Matic
Jenis motor yang terakhir adalah motor matic yang menggunkana sistem transmisi otomatis, yang mana tidak menggunakan tuas perslening sama sekali, atau otomatis. Mekanisme perpindahan gear dilakukan sepenuhnya oleh blok mesin, dan pada mesin matic, menggunakan CVT / Belt sebagai penerus daya mesin ke ban belakang, bukan rantai seperti pada sepeda motor jenis bebek atau kopling. Motor matic adalah motor yang cocok digunakan untuk penggunaan Sehari-hari dan santai. Hal ini karena karakteristik motor yang lebih cocok untuk kegunaan santai dan dari sisi praktisnya. Motor matic juga memiliki bodi yang ringan, yang membuat kaum hawa lebih memilih motor matic sebagai pilihan yang ideal. Berbeda dengan motor kopling yang mmepunya bentuk bodi yang lebih besar dan kekar. Sepeda motor ini memiliki kelebihan yaitu adalah tidak adanya transmisi manual, motor matic lebih gesit, lincah jika dibandingkan dengan motor manual.

Ini beberapa jenis motor sebutan orang Indonesia, kalau masih ada yang sebutan yang lain untuk jenis motor didaerah kalian, boleh ditulis dikolom komentar dibawah.

Teks : Mareta Putri / Maudijual.com

Leave a Reply