12 Tips Pemasangan Plafon Gypsum

Plafon Gypsum Via: Biarlaku.com

Plafon Gypsum Via: Biarlaku.com

Gypsum merupakan salah satu jenis plafon dari 5 jenis plafon yang sudah dibahas di artikel sebelumnya. Adapun untuk pemasangan gypsum sendiri,  membutuhkan keterampilan dan persiapan yang cukup, dan dikerjakan dengan Hati-hati. Berikut diuraikan beberapa hal yang perlu dipersiapkan seleum memutuskan melakukan pemasangan plafon dengan jenis Gypsum ini.

 

Siapkan Lokasi Pemasangan

Sebelum rangka besi Holo terpasang pada dinding tembok, tembok yang akan dipasangi besi holo sudah harus diaci dengan semen, hal ini guna mendapatkan kekuatan penyangga yang kuat dari tembok tersebut, saat paku ditanam di tembok dengan berlapiskan semen tersebut. Perlu diperhatikan juga pemasangan holo ini agar lantai belum dikramik, akan tetapi jika sudah dikramik, maka bisa diputuskan untuk mencari cara yang lebih aman memasang holo ini tanpa merusak keramik yang ada, karena pemasangan holo ini pasti memerlukan tangga.

 

Cek Kebutuhan Alat & Bahan dan Kualitasnya

Siapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan, serta pastikan kualitas alat & bahan yang digunakan sesuai kebutuhan, terutama kualitas Gypsum sendiri.

 

Persiapan Instalasi Listrik

Persiapan listrik diperlukan sebelum memasang plafon, agar tidak mempersulit pemasangan listrik dikemudian hari. Persiapan pengkabelan dan sistem kelistrikan perlu dibangun sebelum memasang plafon ini. Atur berapa titik kabel yang akqn digunakan untuk kedepannya.


Ukur Ketinggian yang Diinginkan

Langkah berikutnya adalah mengukur ketinggian plafon pada ketinggian yang diinginkan, gunakan media selang dan benang untuk menandai titik dimana ketinggian diinginkan. Kemudian lakukan pemasangan siku metal pada tiap sisi ruang yang diinginkan.

 

Pastikan Tidak Ada Celah Kebocoran

Langkah berikutnya adalah memastikan tidak adanya celah atau gap yang memungkinkan kebocoran terjadi. Ini bisa dilakukan dengan kasat mata dan dengan bantuan alat dan bahan untuk memastikan kebocoran tidak terjadi.

 

Memilih Material Plafon Gypsum yang Tepat

Pemilihan material plafon gypsum yang tepat diperlukan untuk mendapatkan hasil terbaik. konstruksi atap (Langit-langit) rumah, pengkabelan & listrik, dan interior yang digunakan turut menjadi pertimbangan pemilihan jenis plafon yang tepat, penggunaan plafon gypsum tahan air diperlukan untuk pembuatan di kamar mandi dan atau toilet.

 

Panggil Jasa Pemasangan Plafon

Pemasangan plafon bisa dilakukan dengan memanggil jasa pemasangan plafon yang saat ini sudah banyak tersedia. Karena pemasangan plafon ini harus dilakukan oleh mereka yang berpengalaman.

 

Penandaan dengan Benang atau Spidol

Penandaan besi holo pada siku bisa menggunakan benang atau spidol untuk memudahkan saat pengerjaan pengencangan sekrup gypsum dengan alat pistol sekrup.

 

Mulai Pemasangan dari Sudut Ruangan

Memulai pemasangan gypsum dari sudut ruangan dengan posisi panel gypsum menyilang dengan rangka metal furing. Tujuannya agar mendapatkan pengukuran yang pas, dan lembaran gypsum digunakan selembar penuh.

 

Lakukan Penanaman Sekrup Dengan Hati-hati

Jika menggunakan sekrup, pastikan penananam sekrup tidak terlalu dalam agar kepala sekrup tidak terpendam kedalam gypsum karena bisa merusak bahan gypsum sendiri, kepala sekrup ini akan ditutup lapisan compound & tape gyps.

 

Pemasangan List Profil

Untuk list profil, plih dan sesuaikan dengan lebar interior, usahakan gunakan ukuran yang ideal, tidak terlalu kecil juga tidak terlalu besar. List profil dengan ukuran 8-10cm misalnya, ditujukan untuk interior dengan lebar 4x5m.

 

Pengecatan

Pengecatan merupakan tahap terakhir pemasangan plafon, gunakan warna cat yang bersesuaian dengan warna dinding interior yang sudah ada, boleh menggunakan warna untuk list, jika memungkinkan.

Itulah beberapa tips pemasangan plafon yang baik dan benar, guna mendapatkan hasil yang dan apik. Semua tahapan dikembalikan lagi kepada kebuuhan, budget yang ada, dan keterampilan dari jasa pemasangan plafon yang akan digunakan, karena boleh jadi mereka mempunyai Trik tersendiri pemasangan sendiri agar efektif dan efisien waktu. Semoga menambah wawasam di bidang Properti.

 

Teks : Mareta Putri / Maudijual.com

Leave a Reply