10 Tips Modifikasi Honda CB 100

Honda CB 100 Via: Biarlaku.com

Bagi mereka penghobi motor “jadul”, tentu tidak asing lagi dengan nama yang satu ini, Honda CB 100.

Honda CB 100 merupakan motor klasik Honda yang diproduksi pada tahun 1971-an sampai 1981, dengan kapasitas mesin 100CC, yang hingga saat ini pun masih banyak diminati oleh penghobi koleksi dan modifikasi motor jadul. Banyak pemilik Honda Klasik “CB 100” yang melakukan modifikasi dan berbagai ubahan untuk menjadikan “motor klasiknya” terlihat Gress dan Segar.

Sebelum melakukan pada CB 100 kesayangan, Kits perlu menentukan dan mempertimbangkan bagkan aka saja Yang Alan diganti , budget ,  Dan Untunh-ruginya setelah dikakukan pergantian. Karena bagaimanapun ,  melakukan ubahan part motor pasti Alan memperngaruhi performa berkendara.

Dengan beberapa modifikasi pada sepeda motor CB100 ini ,  Kita akan mendapatkan hasil yang cukup memuaskan baik dari segi desain maupun performa .

Diartikel ini akan dibagikan tips modifikasi ringan Honda CB 100, agar bisa diterapkan motor kesayangan Kita ini.

 

Penggantian Jok

Penggantian jok bisa dilakukan dengan mengganti jok yang lebih soft dan empuk, atau bisa gunakan jok yang sejenis Honda 100. Penggunaan jaring jok yang banyak beredar saat saat ini bisa digunakan untuk mehan panas dari jok saat ditempatkan di area yang mungkin terkena sinar matahari secara langsung.

 

Memendekkan Stang / Handling

Memendekkan stang / handling motor untuk pengalaman manuver yang berbeda.

 

Penggantian Tanki Bensin

Penggantian tanki bensin, hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan tanki miliki Honda GL Max.

 

Penggantian Spakboard

Spark board bisa diganti dengan jenis variasi atau bisa dilakukan paint-brush sendiri. Untuk spion gunakan. Saat ini berbagai merk spakboard PNP (plug-and-play) tersedia banyak di media toko online.

 

Penggunaan Headlight

Penggunaan Headlight Halogen bjsa diterapkan, tetapi gunakanlah tipe yang cocok seperti Honda  GL Pro. Gunakan headlamp yang memiliki voltage atau wattage yang sama dengan yang digunakan oleh Honda CB 100.

 

Penggantian Knalpot

Penggantian knalpot juga bisa diterapkan. Model knalpot yanh ada saat ini sangat banyak mereknya.

 

Penggantian Ban

Penggantian ban dengan ukuran yang lebih besar. Penggunaan ban yang lebih besar tentu akan menambah kenyamanan dalam berkendara di jalan dengan medan yang cukup bergelombang, akan tetapi perlu dipertimbangkan penggantian ban dengan ukuran lebih besar akan menambah beban motor yang berakibat tarikan menjadi lebih berat. Penggantian gear belakang diperlukan untuk mendapatkan hasil gear ratio yang sesuai.

 

Painting Velg

Painting velg, pewarnaan velg motor dilakukan baik dengan painting atau memberi stiker atau list variasi yang dipasang langsung di velg motor. Penggantian dengan velg variasi baru bisa dilakukan, tetapi ini memakan cukup biaya. Silahkan disesuaikan dengan budget yang ada.

 

Pewarnaan Bodi

Pewarnaan bodi bisa dilakukan dengan melakukan paint brush pada bodi motor. Karena warna dasar CB 100 adalah hitam, maka cukup mudah untuk menambahkan warna yang kontras dengannya.

 

Modifikasi Tambahan

  1. Oversize piston untuk mendapatkann kenaikan CC , penggunaan piston harus menyesuaikan dengan Janis Yang ekuivalen ,  Sebagai contoh bisa  gunakan GL Pro atau CB 125 yang juga milik Honda
  2. Penambahan langkah piston
  3. Penggantiann CDI dengan  CDI racing atau merek Shogun
  4. Penggantian Pilot Jet atau Main jet, atau dalam hal ini spuyer Karburator sesuikan dengan kebutuhan. Untuk ekuivalennya bisa gunakan GL Pro, atau Tiger

Itu beberapa tips untuk melakukan modifikasi untuk motor CB 100 dengan menggunakan dana yang irit.

 

Teks : Mareta Putri / Maudijual.com

Leave a Reply